Minggu, 12 Agustus 2012

Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Kehidupan


Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa yang digunakan untuk dalam berkomunikasi  dalam kehidupan baik secara formal maupun nonformal. Bahasa juga digunakan secara lisan dan tilisan dalam kita berbicara dengan orang lain di lingkungan masyarakat.dalam kehidupan sehari-hari mustahil kita tidak mengucapkan sepatah kata orang lain di sekitar rumah. Bahasa digunakan secara tulisan contohnya dalam ruang lingkup sekolah kita sering menemui murid ataupun mahasiswa dalam mengekpresikan keinginannya melalui sehelai kertas atau surat kabar.dengan menuangkan semua keinginan maka hatinya merasa lega dan bebas dari rasa emosi.
Kita juga tahu bahwa bahasa Indonesia adalaha bahasa yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.apabila kita tidak tahu tatacara penggunaan bahasa yang baik dan benar maka kita akan ditertawakan oleh orang yang mendengarkan pembicaraan kita. Karena perkembangan teknologi dan zaman yang semakin modern membuat bahasa Indonesia mempunyai variasi-variasi yang sangat unik. Keunikan ini bisa terjadi dikalangan para remaja dalam berbicara maupun menulis SMS. Walaupun mereka sudah mengetahui bagaimana tata cara penggunaan bahasa yang baik dan benar tetapi mereka masih saja menambah dengan bahasa Indonesia yang menurut mereka lebih bagus. Mungkin dari kecil kita sudah diberi pelajaran tentang bahasa Indonesia oleh orang tua kita walaupun hanya sebagian kata dan masih dalam tahap pembelajaran.
Pentingnya bahasa Indonesia membuat kita untuk selalu mengetahui tata cara pengucapan ataupun  penulisan bahasa yang benar. Bahasa mempunyai dampak yang luar biasa dalam penyebaran maupun pemahaman ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahasa juga mempunyai fungsi yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara. Bahkan bukan saja merupakan alat komunikasi tetapi lebih dari itu bahasa merupak alat polotik untuk mempersatukan bahasa yang bermacam-macam dalam dunia ini.pada saat penggunaan bahasa sebagai alat untuk mengekspresikan diri, kita sebagai pemakai bahasa tidak  memperhatikan atau mempertimbangkan siapa yang menjadi pendengarnya, pembacanya, atau sasaran dalam berbahasa.kita hanya menggunakan bahasa untuk keperluan pribadi kita masing-masing tanpa memperhatikan hal-hal di atas.
Bahasa sebagai alat untuk mengekspresikan diri maksudnya adalah bahasa yang digunakan untuk menngungkapkan segala sesuatu yang ada dalam baik dada, hati maupun perasaan kita agar puas dengan apa yang membuat kita terekan. Bahasa sebagai alat komunikasi adalah alat untuk menunjukkan ekspresi kita kepada orang lain, apabila bahasa dan ekspresi kita tidak dapat dimengerti ataupun dipahami oleh arang yang menjadi lawan kita berbicara maka orang tersebut tidak akan mengetahui makasud kita dalam mengekspresikan bahasa tidak tersampaikan seperti yang kita inginkan. Selain itu bahasa dapat berguna sebagai alat untuk menunjukkan identitas diri. Melalui bahasa, kita dapat menunjukkan sudut pandang kita, pemahaman atas asal-usul sesuatu hal baik yang berkaitan dengan pengetahuan maupun perkembangan seputar teknologi yang terjadi.
Di samping bahasa sebagai alat komunikasi bahasa juga sebagai unsur pemersatu dalam kehidupan yang bermacam-macam bahasa di Indonesia. Kita tahu bahwa dalam masyarakat pasti mempunyai berbagai macam bahasa, apabila kita tidak dapat menggunakan bahasa yang baik dan benar maka kita susah untuk beradaptasi dengan orang lain. Kontak sosial kita dengan masyarakat tidak akan berjalan dengan baik. Tetapi dengan mengetahui begitu pentingnya bahasa Indonesia tidak membuat menyerah untuk selalu memahaminya serta menerapkan dala kehidupan sehari-hari.
Kontak sosial dalam masyarakat akan berlangsung apabila bahasa yang kita gunakan dapat dimengerti oleh orang  yang mendengarkanya. Kita sebagai warga Indonesia tidak dapat menggunakan bahasa yang baik dan benar pasti merasa malu apalagi sekarang kita sudah duduk di bangku kuliah. Dimana dalam perkuliahan bahasa Indonesia sangat dibutuhkan dalam berkomikasi baik di lingkungan kampus maupun berinteraksi langsung dengan para masyarakat yang mengetahui bahasa Indonesia dengan sebaik mungkin dari kita. Sebab bahasa Indonesia bukan bahasa asing melainkan bahasa kita sendiri.  
Kadang kita sebagai bangsa Indonesia sendiri sulit untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Dalam kita memahami perkembangan ilmu pengetahuan juga kita memerlukan keahlian dalam menguasai kata-kata yang tertera dalam bahasa pengetahuan. Selain menggunakan kamus sabagai pembantu kita dalam memahami kita tentang kata atau kalimat yang belum pernah kita degarkan apa tidak sewajarnya kita harus dapat membiasakan memakai bahasa Indonesia sebagai mestinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar